Selasa, 27 November 2018

PEMANTAUAN EKOSISTEM DAN PERKEMBANGAN POPULASI HAMA SERTA TINGKAT KERUSAKAN OLEH PENYAKIT TANAMAN PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays)


PEMANTAUAN EKOSISTEM DAN PERKEMBANGAN POPULASI HAMA SERTA TINGKAT KERUSAKAN OLEH PENYAKIT TANAMAN PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays)

Ecosystem Monitoring and The Development of Human Population and Damage Level by Plant Disease on Maize (Zea mays)
Lia Damaayanti1 Teuku Ramzy Zikriansyah2
2016102003111521 2016102003111462
liadamayanti7@gmail.com
Jurusan Agronomi, Fakultas Pertanian – Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang
(University of Muhammadiyah Malang). Jl. Raya Tlogomas No. 246, Malang, Jawa Timur, Indonesia
ABSTRAK
Pemantauan ekosistem dan perkembangan populasi hama adalah dinamika populasi atau program pemantauan ekosistem yang erat kaitannya dengan pengambilan sampel dan sangat dipengaruhi oleh penyebaran organisme sedangkan tingkat kerusakan oleh penyakit tanaman adalah kondisi lapang yang sering didapat pada suatu kenyataan bahwa kerugian akibat serangan pathogen berakibat terhadap penurunan produksi baik kualitas maupun kuantitas. Pemantauan dilaksanakan pada tanggal 7 April - 28 April 2018 di Lahan Pendem, Desa Pendem Kabupaten Batu. Tujuan dari pemantauan ini adalah untuk mengettahui status serangga yang hidup disuatu tempat/areal budidaya serta untuk mengetahui sebaran dan perkembangan populasinya sehingga dapat menentukan jarring-jaring kehidupan. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui besaran tingkat kerusakan yang disebabkan oleh pathogen tanaman.  Dalam pemantauan di lapang didapatkan hasil hama tertinggi yang menghinggapi jagung adalah hama semut dan trip yang dapat mengakibatkan proses pembungaan atau proses penyerbukan terganggu serta dapat mengakibatkan merusak pertumbuhan daun karena hama trip, sedangkan pathogen yang menyerang dengan gejala daun berkarat adalah jamur Puccinia polysora. 


Kata Kunci : Ekosistem, Hama, Penyakit

                                                                     ABSTRACT
Ecosystem monitoring and pest population development are population dynamics or ecosystem monitoring programs that are closely related to sampling and are strongly influenced by the spread of organisms while the extent of damage by plant diseases is a frequent field condition in the fact that the harm caused by a pathogen attack results in a decrease in production either quality and quantity. Monitoring was conducted on April 7 - April 28, 2018 at Pendem Land, Pendem Village, Batu Regency. The purpose of this monitoring is to determine the status of the living insects in a place / cultivation area and to know the distribution and development of the population so that it can determine the jarring-nets of life. The second goal is to know the amount of damage caused by plant pathogens. In the field observation showed that the highest pest result of corn is ant and trip pest that can cause flowering process or pollination process is disturbed and can cause damage to leaf growth due to pest trip, while the pathogen that attack with rusty leaves symptom is Puccinia polysora mushroom.
Keywords: Ecosystem, Pest, Disease
Selengkapnya klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat perih itu datang T_T

Hanya gelap yang terasa, bimbang, takut dan cemas. Semua rasa perih itu hadir, air di pelupuk mata tak ada yang bisa membendung. Ia keluar...